Rabu, 30 Januari 2013

Pidato " Disiplin Pangkal Kejayaan Bangsa"


 Assalamualaikum wr.wb
Yang terhormat ibu Suharyati,S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia dan teman-teman yang berbahagia. Puji syukur kita ucapkan kediran allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kita bisa hadir tanpa rintangan apapun ditempat dan waktu yang baik ini.Selawat beriring salam kita sampaikan kepada nabi besar muhammad SAW . yang telah membawa kita dari zaman kegelapan kezaman yang terang dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.Saya mengucapkanterimakasih kepada guru pembimbing karena telah  memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan sebuah pidato. Saya mengambil kesempatan yang sangat berharga ini untuk menyampaikan pidato yang berjudul”Disiplin Pangkal Kejayaan Bangsa’.
Disiplin sangatlah penting bagi hidup kita semua. Disiplin adalah taat dan patuh terhadap peraturan yang ada yang bertujuan untuk membuat semua hal yang kita lakukan menjadi teratur dan sesuai denan apa yang kita inginkan.Disiplin penting bagi semua orang apalagi bagi pelajar, karena jika pelajar memiliki sifat disiplin, peraturan-peraturan yang berlaku di sekolah dapat ditaati dengan baik. Selain itu, disiplin yang terpenting untuk pelajar adalah disiplin dalam belajar karena pada hakikatnya kewajiban seorang pelajar adalah belajar, disiplin dalam belajar dapat dilakukan dengan cara misalnya belajar rutin setiap hari, tidak hanya ketika ada PR atau ketika akan ada ulangan saja.
Sebenarnya, disiplin dapat mudah dilakukan pada semua aspek kehidupan, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Contoh perilaku disiplin di rumah, misalnya menempatkan barang-barang pada tempat semula, bangun pukul 05.00 pagi, disiplin menunaikan sholat, dan sebagainya. Disiplin di sekolah dapat dilakukan dengan menaati peraturan sekolah, seperti : datang tepat waktu, dilarang bermain handphone ketika di kelas, dan dilarang membawa benda tajam. Jika di lingkungan masyarakat misalnya : membuang sampah pada tempatnya dan disiplin berlalu lintas.
Teman-teman yang berbahagia, selain yang tersebut diatas, kedisiplinan juga dapat meningkatkan kualitas hidup kita yaitu dengan cara disiplin waktu, karena dengan disiplin waktu kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik tanpa ada yang terbuang sia-sia.
Kedisiplinan dapat dibentuk sejak dini, walaupun dari hal yang kecil atau sepele. Pembentuk utama kedisiplinan adalah di lingkungan keluarga, anak akan mencontoh orang tua mereka. Jika orang tua mencontohkan sifat kedisiplinan kepada anak, maka dengan sendirinya anak akan memiliki sifat kedisiplinan tersebut.
Maka dari itu tanamkanlah sikap disiplin sejak kecil. Mulai dari sikap disiplin yang kecil hingga sifat disiplin yang besar. Dengan menekankan kedisiplinan sejak dini pada semua aspek kehidupan, diharapkan kita akan menjadi pribadi yang selalu menaati aturan serta memiliki pribadi yang berkualitas. Karena semakin banyak orang yang disiplin maka semakin maju pula bangsa ini. Saya berharap apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita dan kemajuan bangsa ini.Saya mohon maar apabila dalam dalam menyampikan pidato ini banyak kata-kata yang kurang berkanan dihati teman-teman semua.
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar